Dampak Negatif Internet Bagi Pengembangan Pendidikan Peserta Didik

Dampak Negatif Internet Bagi Pengembangan Pendidikan Peserta Didik

wowecon.com – Hadirnya internet merupakan salah satu dampak dari globalisasi yang sampai di Indonesia. Memang internet tidak dapat ditolak kehadirannya karena internet merupakan salah satu aspek yang dapat membantu masyarakat dunia termasuk warga negara Indonesia menyampaikan informasi dan menemukan informasi dari segala penjuru dunia. Semua aspek yang ingin Anda cari akan bisa Anda temukan dengan internet.

Dampak Negatif Internet Bagi Pengembangan Pendidikan Peserta Didik

Inilah yang kemudian internet juga menjadi salah satu media pembelajaran dan menjadi salah satu sarana yang tak lepas kaitannya dengan dunia pendidikan di Indonesia. Bahkan seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini juga ada banyak guru – guru yang mengandalkan internet untuk memberikan tugas dan mencari berbagai informasi  tentang perangkat pembelajaran yang nantinya akan diberikan kepada para peserta didik. Karena itu internet memang sangat penting termasuk untuk dunia pendidikan Indonesia. Walaupun sebenarnya juga masih ada banyak dampak negatif internet bagi pengembangan pendidikan peserta didik. Apa saja dampak negatif internet bagi pengembangan pendidikan peserta didik?

Dampak Negatif Internet Bagi Pengembangan Pendidikan Peserta Didik

Siswa menjadi malas karena internet

Internet memang memberikan kemudahan akses dan juga memberikan kelebihan searching dimana disana semua aspek yang dibutuhkan dalam dunia pembelajaran akan ditemui. Memang hal ini sangat bermanfaat karena membuat siswa tidak perlu kemana – mana lagi mencari media pembelajaran. Hanya saja yang seperti ini terkadang membuat siswa juga punya rasa malas dan menjadikan siswa kurang produktif karena hanya mengandalkan internet saja tanpa berusaha mencari media lain.

Menghilangkan budaya membaca buku

Kita pasti tahu bahwa budaya membaca buku sudah dibentuk sejak lama oleh negara Indonesia. Hanya saja tidak dapat maksimal apalagi di era digital seperti sekarang dimana semua serba internet. Para pelajar juga sudah erat dengan internet dan tak dapat lepas dari internet. Bahkan yang seperti ini juga dapat menghilangkan budaya membaca buku bagi para siswa karena terlalu asyik dengan dunia internet.

Bisa kita saksikan faktanya banyak pelajar yang malas membawa buku karena mereka lebih suka dengan gadget. Kalau sudah ditanya kenapa tidak belajar alasannya adalah “sudah belajar di internet”. Sudah sering tahu dengan alasan ini bukan? Ya, itu salah satu efek negatifnya. Padahal tak semuanya belajar dengan gadget malah ada yang asyik dengan sosial medianya.

Mengurangi fokus

http://www.ilmubahasainggris.com/contoh-teks-cara-perkenalan-diri-introduction-formal-dan-informal-dalam-bahasa-inggris/ Di internet memang ada banyak sesuatu yang menarik. Salah satunya adalah terdapat banyak aplikasi menarik di internet. Dan aplikasi ini terkadang yang membuat anak jadi ketagihan dan tak jarang membuat anak jadi kurang fokus.

Mungkin diantara dampak diatas ada yang dialami anak didik atau anak Anda sendiri? Tanggulangi sedari sekarang. Semoga informasi tentang Dampak Negatif Internet Bagi Pengembangan Pendidikan Peserta Didik bermanfaat.

Baca juga artikel tentang kesehatan lainnya :