Dampak Televisi Terhadap Dunia Pendidikan Anak

Dampak Televisi Terhadap Dunia Pendidikan Anak

wowecon.com – Televisi bisa merusak dunia pendidikan anak? Jawabannya ada banyak sekali. Semua program televisi dan juga siaran iklan yang ternyata menyertainya sampaikan pesan yang berbeda serta mengajarkan hal lain pula. Salah satu hal yang bisa dibilang cukup mencemarkan bagi para orangtua adalah anak belaakr kekerasan dari televisi. Ini dapat dipahami, karena memang tidak sedikit adegan kekerasan tersebut muncul di layar televisi, dimulai dari terjadinya pertengkaran mulut hingga dengan perkelahian dan juga pembunuhan. Tak hanya di dalam program-program tayangan dewasa saja, akan tetapi juga anak-anak.

Dampak Televisi Terhadap Dunia Pendidikan Anak

Dampak buruk televisi terhadap dunia pendidikan anak

Anda pastinya tidak bisa hindari hal yang demikian ini, akan tetapi bisa juga dicegah pengaruh buruknya. Jelaskan saja pada anak-anak Anda, orang yang sedang dia lihat di televisi ini merupakan actor dan mereka lakukan hal tersebut tak dengan sungguh-sungguh atau hapuskan semua program yang banyak eksploitir adegan kekerasan dari daftar program televisi yang sudah Anda pilihan untuk buah hati tercinta. Dan jangan juga ijinkan sih kecil ya bund untuk menonton program untuk dewasa.

Pelajaran lainnya dari televisi yang harus Anda wasapadai ini adalah stereotype social mengenai perempuan, laki-laki minoritas, orang lanjut usia, dan masih ada banyak lagi kelompok lainnya, termasuk anak-anak. Stereotipe ini terkadang juga dilebih-lebihkan. Contohnya saja pria akan selalu digambarkan menjadi seorang pemimpin di dalam atasi keadaan, sementara itu perempuan tetap pasif atau pun tak berdaya. Anak-anak nantinya akan belajar dari penggambaran tersebut, khususnya jika mereka hany memiliki sedikitnya kontak dengan kelompok yang telah digambarkan.

Sama halnya dengan adegan kekerasan, Anda juga tidak bisa hindari adegan yang menggambarkan stereotype social tersebut. Untuk itulah beri gambaran yang tepat bagi anak Anda mengenai hal yang sebetulnya berlaku di masyarakat. Tak hanya lewat kata-kata akan tetapi juga harus diperkuat lagi oleh perilaku Anda setiap harinya. Bagaimana Anda dalam keseharian bersikap pada anak Anda, contohnya saja bagaimana semestinya orang dewasa memperlakukan seorang anak atau pun bagaimaan ayah dalam memperlakukan bunda, serta bagaimana bunda memperlakukan ayah, yang demikian ini nantinya akan memberikan gambaran pada anak mengenai bagaimana semestinya seorang laki-laki memperlakukan perempuan dan sebaliknya.

http://www.ilmubahasainggris.com/kata-motto-hidup-dalam-bahasa-inggris/ Ingat juga bahwasannya televisi ini akan memberi pengaruh yang nyata pada anak-anak, diantaranya tergantung dari seberapa banyaknya anak Anda bisa mengingat hal yang sudah dia tonton dan juga seberapa baiknya pemahaman sih Anda terhadap yang dia tonton.

Nah, itulah tadi yang dapat kami informasikan kepada Anda semuanya tentang dampak televisi terhadap dunia pendidikan anak. Jadi, sangat penting sekali ya bund, bagi Anda untuk selalu mengontrol sih kecil saat dia menonton televisi di setiap harinya.

Baca juga artikel tentang kesehatan lainnya :