Mengajarkan Anak Respon terhadap Perilaku Bullying

Mengajarkan Anak Respon terhadap Perilaku Bullying

wowecon.com – Dijaman yang semakin dewasa seperti sekarang ini, pengaruh lingkungan dan juga kemampuan beradaptasi masyarakat pada sesuatu yang baru sepertinya semakin pesat dan juga menguat. Bagaimana tidak, kehadiran teknologi yang bisa dibilang semakin canggih, sedikit banyaknya juga menentukan sikap lahir di masyarakat sekarang. Parahnya lagi, hal serupa juga terjadi pada anak-anak. Hadirnya informasi dan juga telekomunikasi, sedikitnya mampu menyumbang sikap yang menggerakan anak untuk bisa meniru serta mengadaptasi apa yang telah mereka lihat.

Mengajarkan Anak Respon terhadap Perilaku Bullying

Bahkan beberapa adegan yang telah diprogramkan tv sekarang ini tak sedikit yang mempertontonkan adegan kurang mendidik, salah satunya adegan bullying, yang mana sekarang ini sudah sangat sering terkadi dalam kasus seorang anak yang telah diperlakukan dengan tidak baik oleh teman-temannya. Walaupun adegan tersebut tak dibuat  nyata dan merupakan arahan dari sutradara, tetapi pada kenyataannya masyarakat belum bisa cermati dengan benar apa yang telah mereka lihat. Untuk itulah para orangtua diharapkan bisa mengajarkan kepada anak-anaknya agar bisa respon terhadap perilaku bullying.

Cara ajarkan anak respon terhadap perilaku bullying

Cara pertama adalah dengan mengajarkan gesture dan juga bahasa tubuh pada anak. Perlu Anda tahu perilaku bullying ini bisa saja terjadi karena dipengaruhi oleh faktor karakteri sih anak itu sendiri yang pendiam dan terlihat lemah dengan tampilan yang tak tegap serta nada bicaranya yang sering sekali tak terdengar sewaktu berbicara. Untuk itu, hal yang demikian ini akan semakin memungkinkan menjadikan mereka jadi target bully oleh teman-temannya. Nah, untuk bisa menghindari hal yang seperti ini, maka ajarkan pada anak Anda untuk lebih memperhatikan gesture dan juga bahasa tubuhnya untuk atasi sikap bullying yang mungkin saja mereka hadapi. Ajarkan anak Anda untuk bisa berdiri yang tegap serta tak mudah menangis, selain itu ajarkan juga kepada anak Anda untuk berbicara yang lantang.

Pengertian Pancasila  Cara lainnya adalah mengajarkan anak untuk tak menunjukkan rasa takut dan kesal. Tindakan bully ini umumnya datang dengan tekanan yang bertahap, yang mana sih tukang bully biasanya akan membuat masalah yang dapat memancing korbannya untuk marah, kesal, atau sampai mereka tunjukkan rasa takut. Saat temannya bergunjing atau pun membicarakan kejelekannya, dan memberi tekanan mental pada sih anak, maka minta anak Anda untuk bisa tetap tenang dan tak menunjukkan kekesalannya. Mintaklah untuk tidak mendengarkan atau pun mengganggapi celaan yang diberikan teman-temannya tersebut. Kombinasi antar bahasa tubuh dengan rasa percaya diri yang tegap serta sikap tenang ini merupakan perilaku yang paling tepat untuk segera menghentika bullying.

Itulah cara mengajarkan anak respon terhadap perilaku bullying yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel tentang kesehatan lainnya :