Pengertian Hibernasi Dan Hewan-Hewan Yang Mampu Berhibernasi

Pengertian Hibernasi Dan Hewan-Hewan Yang Mampu Berhibernasi

Wowecon.Com –  Hibernasi atau Rahat merupakan mekanisme pertahanan hidup hewan atau kondisi ketidakaktifan hewan pada waktu tertentu yaitu ditandai dengan suhu tubuh menurun, pernafasan lebih pelan dan juga kecepatan metabolisme-nya menurun. Tujuan hibernasi ini sendiri bagi hewan adalah untuk menghemat energi selama terjadi musim dingin karena terjadi kelangkaan makanan. Proses Hibernasi ini dapat berlangsung selama beberapa hari, minggu bahkan beberapa bulan bergantung pada spesies, suhu lingkungan sekitar hewan, waktu dan juga kondisi tubuh hewan tersebut.

Sebelum memasuki waktu atau masa hibernasi maka hewan harus mengumpulkan energi dahulu agar mampu bertahan hidup, spesies hewan yang berukuran lebih besar akan lebih merasa lapar atau hiperfagia dan akan memakan makanan dalam jumlah besar serta menyimpan energi tersebut dalam timbunan lemak sedangkan spesies hewan kecil akan mengumpulkan dan menyimpan makanan pada tempat persembunyian mereka.

Berikut adalah hewan-hewan yang mampu melakukan hibernasi :

  • Beruang (Beruang Hitam, Beruang Hitam Amerika, Beruang Kutub dan Beruang Cokelat) memiliki kemampuan hibernasi selama 80-100 hari tanpa makan dan minum dan hanya mengandalkan lemak tubuhnya untuk energi dan air
  • Burung Common Poorwill (Phalaenoptilus nuttallii)
    Burung ini merupakan satu-satunya spesies burung yang memiliki kemampuan hibernasi terhadap suhu. Masa hibernasi saat suhu benar-benar dingin atau benar-benar panas, burung ini melewatkan waktu tersebut dengan cara mengerami dan menjaga telurnya hingga menetas.
  • Tupai Tanah
    Tupai dapat berhibernasi hingga 9 bulan lebih dalam satu tahun dan saat hibernasi maka tupai akan menggali tanah dan membuat ruang hibernasi dengan cara menggali lubang atau di bawah tanah untuk tidur , menyimpan makanan dan agar terbebas dari gangguan hewan lain.
  • Katak Kayu atau Katak Pohon (Lithobates sylvaticus)
    Saat hibernasi katak ini akan terlihat seperti mati karena tidak bernapas dan tidak memiliki detak jantung tapi sebenarnya katak ini tidak mati, saat suhu kembali normal maka jantungnya akan berdetak kembali.

Selain diatas hewan yang memiliki kemampuan untuk hibernasi antara lain Lemur Kecil Madagaskar, Siput, Landak, Ular Garter, Lebah, Penyu, Kura-Kura Brazil, Kelelawar, Sigung, Anjing Padang Rumput, Tikus Rusa, Dan masih banyak yang lainnya di www.faunadanflora.com

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Pengertian Hibernasi Dan Hewan-Hewan Yang Mampu Berhibernasi .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga: